Pendiri Duasatu Kehati Foundation Laksanakan Konsolidasi Pembentukan Bersama LPM Unpas » KORAN PEDULI RAKYAT

Menu

Mode Gelap
Mata Air Surut, Perumda Tirta Mulia Pemalang Himbau Agar Pelanggan Bersabar Pohon Tumbang Akibat Angin Kencang di Kota Cimahi Hydroseeding, Teknik Canggih Tanam Rumput Yang Kini Sedang Populer Ema Instruksikan Penanganan ODGJ Agar Kota Bandung Bebas Gangguan Jiwa Kejati Jabar dan PT. Nindya Karya Tadatangani Perjanjian Kerjasama dalam Bidang Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara

Aktivitas dan Kegiatan · 14 Jul 2020 03:28 WIB ·

Pendiri Duasatu Kehati Foundation Laksanakan Konsolidasi Pembentukan Bersama LPM Unpas

 Pendiri Duasatu Kehati Foundation Laksanakan Konsolidasi Pembentukan Bersama LPM Unpas Perbesar

Para pendiri Yayasan Duasatu Kehati Foundation (DKF) laksanakan rapat konsolidasi rencana Program dan Legalitas DKF di Posko dan Pembibitan Sektor 21, Taman Kehati, Komplek Cipageran Asri, Kampung Cimenteng, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi pada hari Senin (13/7/2020).

Pada pertemuan ini diantaranya hadir Dansektor 21 Kolonel Inf Yusep Sudrajat dan Dr. Eki Baihaki, M.Si, sebagai pendiri Yayasan DKF, turut dihadiri Ketua Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPM) Universitas Pasundan (Unpas) DR. Asep Dedy Sutrisno, Ir.,MP. beserta jajaran LPM Unpas.

Legal formal ini dibentuk sebagai antisipasi apabila ada Dana dari Mitra Sektor 21 yang masuk kedepannya, Yayasan inilah yang nantinya akan menaungi dan mempertanggung jawabkan penggunaan dana yang masuk.

Kolonel Yusep menjelaskan, pada saat ini tinggal menunggu persetujuan dari Walikota Cimahi sebagai salah satu Pendiri Duasatu Kehati Foundation, “Sebetulnya kita hanya ingin persetujuan Pak Wali (Walikota Cimahi), Pak Wali kemarin berbicara kepada Dr. Eki ingin dipaparkan secara gamblang, apa, Siapa orangnya, Organisasinya bagaimana, dan kedepannya Road Map nya bagaimana,” jelas tutur Kol. Yusep pada saat membuka diskusi.

“Yang pertama yang perlu kita garis bawahi adalah di sini kan ada peluang masukkan dana, itulah yang rawan. Sehingga perlu segera dibentuk yayasan ini,” sambungnya. Hal ini diungkapkan Kolonel Yusep sebagai kekhawatiran akan ada stigma negatif terhadap Satgas ketika kedepannya dalam pengelolaan Posko 21 ini masyarakat sudah ramai dan ada potensi pemasukan.

Dijelaskan lebih lanjut, jika Yayasan ini sudah terbentuk, kedepannya dapat menyerap dan menaungi potensi UMKM. Selain pengembangan lingkungan, komersil, ada nilai edukasi dan pelestarian yang dinaungi Yayasan sebagai Induknya. “Dananya nanti salah satunya bisa untuk membeli bibit, membeli pupuk dan mengupah orang nantinya untuk menjaga ini, itulah yang terpenting,” katanya.

Pada akhir kegiatan, setelah melaksanakan peninjauan di area pembibitan dari pihak Akademisi Dr. Asep Dedy Sutrisno mengungkapkan maksud kunjungannya dan dukungan terhadap pembentukan Duasatu Kehati Foundation ini, “Hari ini kami berkunjung ke Posko 21 ini untuk konsolidasi tentang rencana Program berikutnya. Kita membuat ‘kendaraan’nya dulu yaitu Yayasan, sehingga lembaga ini punya tingkat independensi yang tinggi dan relatif punya akuntabilitas di mata Masyarakat,” ungkap Dr. Asep.

Dirinya juga mengatakan beberapa poin penting yang akan dikembangkan di Posko 21 ini, “Ada 3 esensi yang akan dikembakan, pertama adalah untuk melestarikan Hutan Kota. Yang berikutnya, melalui Yayasan ini akan dikembangkan tentang kawasan Edukasi, Edukasi lingkungan dan pemberdayaan Ekonomi dan lain sebagainya. Yang ketiga adalah untuk kegiatan Wisata, yang kebetulan ini mudah-mudahan menjadi aset untuk Kota Cimahi,” katanya.

Di tempat yang sama, Dr. Eki salah satu Inisiator Duasatu Kehati Foundation menambahkan, “Selain legalitas, Kita akan mengkomunikasikan, mensosialisasikan bahwa Duasatu Kehati Foundation ini merupakan wadah partisipasi semua pihak, artinya dengan itu akan mewadahi Akademisi, Komunitas, Dunia bisnis, kemudian juga tentunya Government. Karena faktanya ketika hutan ini ditangani oleh Government saja mungkin akan kurang optimal, dan Saya sangat berbahagia bergembira respon Pak Walikota pada dasarnya beliau menyetujui, sependapat dan menyetujui gagasan keterlibatan (semua pihak) ini,” pungkasnya.

Artikel ini telah dibaca 30 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pj Bupati & Ketua PKK Resmi dikukuhkan Sebagai Ayah dan Bunda GenRe SBB

1 Desember 2023 - 12:26 WIB

PJ Bupati SBB: Hari Guru Nasional

25 November 2023 - 11:56 WIB

Bupati SBT: Warga Nagaolat Harus Dukung Semua Program PJ Bupati SBB

25 November 2023 - 09:10 WIB

PJ Bupati SBB Buka Gerakan Pangan Murah

24 November 2023 - 11:14 WIB

Penjabat Bupati Hadiri Budaya Panas Pela Negeri Honitetu dan Huku

22 November 2023 - 04:26 WIB

PJ Bupati SBB Letakkan Batu Pertama Program Rumah Layak Huni

16 November 2023 - 07:11 WIB

Trending di Pemerintahan
Please turn AdBlock off