Hydroseeding, Teknik Canggih Tanam Rumput Yang Kini Sedang Populer » KORAN PEDULI RAKYAT

Menu

Mode Gelap
Mata Air Surut, Perumda Tirta Mulia Pemalang Himbau Agar Pelanggan Bersabar Pohon Tumbang Akibat Angin Kencang di Kota Cimahi Hydroseeding, Teknik Canggih Tanam Rumput Yang Kini Sedang Populer Ema Instruksikan Penanganan ODGJ Agar Kota Bandung Bebas Gangguan Jiwa Kejati Jabar dan PT. Nindya Karya Tadatangani Perjanjian Kerjasama dalam Bidang Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara

Peduli Lingkungan · 25 Okt 2023 19:35 WIB ·

Hydroseeding, Teknik Canggih Tanam Rumput Yang Kini Sedang Populer


 Hydroseeding, Teknik Canggih Tanam Rumput Yang Kini Sedang Populer Perbesar

Dalam beberapa tahun terakhir, teknik hydroseeding atau penanaman rumput dengan menggunakan campuran air dan benih rumput dalam satu wadah semakin populer di kalangan pemilik tanah dan pengembang properti. Teknik ini sudah terbukti efektif dan hemat biaya untuk menciptakan lahan hijau yang subur dalam waktu singkat.

Teknik hydroseeding dapat dilakukan dengan cepat dan mudah, bahkan untuk area yang sangat luas sekalipun. Pertama, area yang akan ditumbuhi rumput harus dipersiapkan terlebih dahulu, seperti pemadatan tanah dan penyemprotan pestisida untuk membersihkan sejumlah gulma. Kemudian, benih rumput dicampur dengan campuran air dan pupuk organik yang kemudian disemprotkan dalam jumlah yang cukup melalui alat khusus.

Proses ini dilakukan hampir mirip dengan cara menyiram lahan dengan menggunakan air secara konvensional, tetapi hydroseeding jauh lebih efisien, karena hanya membutuhkan waktu setengah waktu dibandingkan teknik konvensional. Teknik ini juga mampu menciptakan lahan hijau yang sehat dan subur dalam waktu 4-6 minggu.

Keuntungan lain dari teknik hydroseeding adalah dapat disesuaikan dengan jenis rumput yang dibutuhkan dan kondisi lingkungan tertentu. Teknik ini juga membantu dalam mengurangi erosi dan gangguan lingkungan lainnya karena tanah akan dilindungi oleh campuran air dan benih rumput.

Pengaplikasian hydroseeding dapat dilakukan pada berbagai jenis tanah, seperti lahan kosong, lereng, area konstruksi, lapangan olahraga, dan area dengan kondisi suhu yang ekstrem. Pengembang properti dan kontraktor also menggunakan metode ini sebagai cara yang efektif dan ekonomis untuk menciptakan rumput yang subur bagi klien mereka.

Namun, sebelum memutuskan untuk menggunakan teknik hydroseeding, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, pastikan bahwa kualitas campuran air dan pupuk yang digunakan adalah benar-benar seimbang agar kualitas tanaman yang tumbuh lebih subur dan sehat. Kedua, pastikan bahwa daerah sekitar yang ingin ditanami terlindungi dan tidak mengganggu lingkungan sekitar.

Dalam rangka menciptakan lahan tertentu, seperti lapangan, kebun, atau area parkir, seringkali hydroseeding sudah menjadi pilihan terbaik bagi pemilik tanah. Terlebih, teknik ini sangat cocok untuk digunakan pada type tanah yang sulit ditanami. Sekarang, dengan menggunakan teknik hydroseeding, siapa pun dapat menciptakan lahan hijau yang indah dan subur dengan cepat, mudah, dan efektif.

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kecamatan Arcamanik Bergerak Melalui Gerakan Be Smart Tangani Sampah dari Hulu

31 Oktober 2023 - 22:12 WIB

Sosialisasi Penanganan Sampah di Kota Bandung

31 Oktober 2023 - 22:04 WIB

Pemkot Bandung Raih Penghargaan Terbaik III Kategori Kampanye Komunikasi Publik pada AMH ke-16 Tahun 2023

30 Oktober 2023 - 18:51 WIB

Asosiasi Hotel, Restoran, dan Pariwisata Kota Bandung Berkomitmen Mengelola Sampah Mandiri

30 Oktober 2023 - 18:31 WIB

Tangani 1,5 Tom Sampah di TPS Gudang Selatan, Relawan Pepeling Dukung Penanganan Sampah di Kota Bandung

30 Oktober 2023 - 18:17 WIB

Bagaimana Cara Menjalankan Puasa Sunnah Senin-Kamis yang Benar?

30 Oktober 2023 - 01:23 WIB

Trending di Artikel Trending
Please turn AdBlock off