Dansektor 21 Laksanakan Kunjungan ke Tiga Industri di Wilayah Subsektor 16 Cicalengka

Komandan Sektor 21 Satgas Citarum Harum Kolonel Inf T Bayu Wahyu Murwanto bersama jajaran Subsektor 16/Cicalengka dan DLH Kabupaten Bandung, melaksanakan giat kunjungan ke tiga industri di wilayah Nagreg dan Cikancung, Rabu (16/11/2022).

Tiga industri berbeda klasifikasi yang dikunjungi ini antara lain Pabrik Gondorukem & Terpentin Sindang Wangi (PGT) di bawah Perum Perhutani Jabar Banten, PT Indonesia Bakery Family (PT IBF) yang memproduksi makanan dan PT Wajatex yang bergerak di bidang usaha tekstil (Water Jet Loom).

Kunjungan oleh Dansektor 21 tersebut sekaligus dalam rangka perkenalan serta sosialisasi progres Citarum Harum kepada pihak manajemen perusahaan. Terlebih tiga industri tersebut pada saat ini sedang dalam tahap optimalisasi IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah).

Bacaan Lainnya

“Citarum Harum saat ini sudah mengalami kemajuan yang signifikan. Keberhasilan program ini akan sulit terwujud jika kita bekerja sendiri-sendiri. Jadi mari kita sepakati untuk menjadi teamwork yang solid dengan mengedepankan 5 Saling, yakni Saling Menghargai, Saling Menghormati, Saling Mempercayai, Saling Menyayangi dan Saling Bekerjasama,” kata Dansektor 21 Kolonel Inf T Bayu Wahyu di setiap kunjungannya.

Menurutnya, bila industri sudah memahami dan penuh kesadaran serta kepedulian untuk mengelola IPAL-nya dengan baik, maka akan meningkatkan kualitas air sungai yang dampaknya akan lebih bermanfaat bagi masyarakat.

“Jangan sampai masyarakat kita penyakitan yang diakibatkan air sungai yang tercemar,” ujarnya.

Dansektor 21 juga mengapresiasi tingkat partisipatif masyarakat dalam melakukan pengawasan terhadap hasil olahan limbah industri.

“Pengawasannya selain oleh Satgas Citarum, DLH, komunitas dan media, juga masyarakat. Tentunya ini tidak lain untuk tujuan yang sama, terwujudnya Citarum Harum,” pungkas Dansektor 21 yang menggunakan pola tindakan preemtif dan preventif untuk menangani potensi pencemaran daerah aliran sungai.

Menanggapi terkait dengan kunjungan Dansektor 21 Satgas Citarum Kolonel Inf T Bayu Murwanto ke perusahaannya, Anwar Senjaya selaku Kepala PGT Sindangwangi menyambut positif.

“Kami merasa bersyukur, alhamdulillah, mendapat kunjungan dari Komandan Sektor 21 Satgas Citarum, berkaitan dengan perbaikan dan optimalisasi IPAL kami kedepannya. Sebelumnya, kami selalu didampingi olah Dansubsektor 16 (Serma Bagus) dalam memberikan saran dan masukan untuk output IPAL,” ucapnya.

Ditambahkan oleh Anwar Senjaya bahwa untuk pengelolaan IPAL ini, pihaknya telah menggandeng pihak ketiga atau konsultan.

“Insya Allah, kami sedang dalam progres pengembangan IPAL dan kami bekerjasama dengan konsultan dari Sejahtera Abadi. Mohon dukungannya semoga dilancarkan agar hasilnya lebih optimal serta konsisten sesuai dengan baku mutu,” tutupnya.

Senada dengan itu, perwakilan PT IBF, Muji, berterimakasih atas kunjungan dan motivasi yang disampaikan oleh Dansektor 21.

“Ya, kami tentunya berterimakasih sudah dikunjungi oleh Dansektor 21 Bapak Kolonel Bayu Wahyu dan DLH Kabupaten Bandung. Kami sepakat dengan masukan yang diberikan beliau untuk kita bersama-sama mewujudkan Citarum Harum. Oleh karena itu, kami saat ini sedang meningkatkan fasilitas dan kualitas IPAL kami untuk hasil yang lebih optimal kedepannya,” pungkas Muji.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *