Hari Laut Se Dunia, KKN Unpatti Konfoi Di Teluk Wael SBB

KPR.COM,SBB– Mahasiswa, Mahasiswi KKN Universitas Pattimura Ambon gandeng Masyarakat Dusun Wael Konfoi gunakan Sampan peringati Hari Laut Sedunia.

Kegiatan ini berlangsung di Teluk Dusun Wael, Desa Piru Kecamatan Seram Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat SBB, Sabtu (11/6/22).

Kepala Dusun Wael Lasarudi mengatakan, kegiatan ini merupakan hal yang luar biasa serta merupakan kegiatan perdana di Dusun Wael.

Disamping itu dirinya berharap, kegiatan seperti ini dapat menjadi contoh untuk KKN yang mendatang.

Sementara itu, Ketua KKN Abdul Rulis Sangadji, kepada media ini menjelaskan bahwa, kegiatan Konfoi memperingati Hari Laut Sedunia ini sebagai bentuk rasa kepedulian terhadap laut. Baik itu di Dusun Wael SBB maupun Provinsi Maluku umumnya.

Dikatakan lagi, laut merupakan jantung yang harus dijaga dan dilestarikan. Sehingga biota laut dapat terjaga. Mengingat masyarakat di dusun Wael ini sebagian besar merupakan nelayan.

Ia pun berharap, Pemerintah Daerah Kabupaten Seram Bagian Barat SBB dalam hal ini Dinas terkait agar kiranya lebih fokus melihat persoalan persoalan di Dusun Wael demi mendukung Sumber Daya Alam laut di di dusun setempat.

“Laut itu jantung yang harus dijaga, dilestarikan biotanya. Karena sadar dan tidaknya, masyarakat Dusun Wael sekitar 60% lebih cenderung menggarap hasil laut untuk mendorong perekonomian ditingkat keluarga, bahkan rumah tangga. Dalam artian, kehidupan masyarakat lebih fokusnya dilaut”. Ulas Sangadji

Untuk diketahui, sinegritas antar Mahasiswa/i KKN Universitas Pattimura Ambon Dusun Wael tahun 2022 bersama Masyarakat Wael ini terjalin baik melalui program program prioritas yang telah tertuang dan diaplikasikan.

Lebihnya, Konfoi ini sebagai pemersatu untuk bagaimana sama sama mencintai alam laut, menjaga biota laut, serta melestarikan alam laut. Konfoi ini juga melibatkan masyarakat, pemuda bersama sama keliling laut menggunakan sampan, dengan mewarnai laut beratribut kan bendera Merah Putih.

(Ekh-Red) 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *