Selain IPAL Industri, Satgas Subsektor 21-07 Laksanakan Pengecekan Limbah Ternak dan Kotoran Sapi

Serka Suyatman Melakukan Pengecekan Limbah Ternak (Kotoran Sapi)

BANDUNG – Selain pengecekan Instalasi Pengelolaan Air Limba (IPAL) dari perusahaan industri, anggota Satgas Citarum Subsektor 21-07 Cisangkuy melaksanakan pengecekan limbah ternak (kotoran sapi) dari Rumah Pemotongan Sapi, Selasa (7/4/2022).

Giat pengecekan aliran sungai Cisangkuy di wilayah Subsektor 07 dilakukan sebagai upaya menanggulangi pencemaran limbah industri maupun kotoran hewan ke sungai.

Dimulai dengan melaksanakan pengecekan IPAL ke pabrik-pabrik yang mengalir ke sungai Cisangkuy dengan hasil yang sesuai baku mutu, Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 07 melanjutkan kegiatan melakukan sosialisasi mengajak para warga peternak sapi untuk berkomitmen menjaga kelestarian dan ekosistem DAS Citarum.🐘

Bacaan Lainnya

Salah satunya kepada warga kampung Cinagreg, RT 02 RW 15 Desa Langonsari, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Bandung, Serka Suyatman selaku Dansubsektor 07 menyampaikan bahwa upaya untuk menjaga kelestarian DAS Citarum dapat dilakukan dengan cara tidak membuang limbah kotoran hewan ke aliran sungai.

Dalam giat pengecekan ini Serka Suyatman mengapresiasi upaya yang telah dilakukan H. Agus dalam mendukung program Citarum Harum.

“Kami turut mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih karena ternak sapi yang dimiliki oleh H. Agus ini sudah mendukung program Citarum harum. Yang mana sudah membuat Septic tank khusus untuk limbah kotoran sapi nya,” tutur Suyatman

“Untuk itu, Kami juga mendorong kelompok peternak sapi agar dapat memanfaatkan limbah ternak nya didaur misalnya menjadi pupuk kompos yang juga akan lebih bermanfaat dan tentunya tidak akan mencemari kualitas air sungai,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *