Sambangi Para Kades, Subsektor 21-09 Duduk Bersama Kupas Renaksi Penanganan Sampah

Penumpukan sampah di beberapa titik di wilayah subsektor 09 menjadi fokus Satgas Citarum Subsektor 21-09. Dansubsektor 09 Pelda Egi Sugiharto sambangi para Kades dan Lurah di wilayah Kecamatan Ciparay.

“Dari enam wilayah kerja di kecamatan Ciparay ini, tiga diantaranya masih alami dalam artian sungainya kecil dan bebas dari sampah,” kata Pelda Egi

“Yang diprioritaskan kerja sub 09¬† saat ini untuk mengatasi masalah penumpukan sampah di Desa Manggung Harja, Desa Pakutandang dan Desa Ciparay,” sambungnya.

Bacaan Lainnya

Dari komunikasi yang dilaksanakan Pelda Egi bersama Kepala Desa Pakutandang Suryaji yang akrab disapa Pak Bejo, akhirnya Kades Pakutandang bersedia membangun rumah pembakaran sampah.

“Sebetulnya ini sudah diajukan dan tinggal menunggu waktu untuk pembangunan rumah bakar di wilayah RW 06,” kata Suryaji.

Namun ia juga meminta bantuan Satgas terkait adanya kegiatan atau usaha masyarakat mengenai persampahan.

“Mohon bantuan dari Satgas karena ada orang yang berkepentingan, dalam artian berbisnis pengambilan sampah dan dibuang ke Kp. Andir belakang SMK Wirakarya,” pintanya.

“Mohon bantuan untuk melaksanakan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat terkait permasalahan sampah ini. Untuk merealisasikan rencana pembangunan tempat pembakaran dan pilah pilih sampah ini perlu bantuan satgas,” kata Suryaji lagi.

Untuk menggeser atau memindahkan lokasi titik pembuangan atau pembangunan rumah bakar ini Suryaji menyampaikan bahwa itu tidak mudah, karena kebanyakan masyarakat di tempat itu menolak dengan alasan terganggu dengan bau dan sebagainya.

“Kita perlu melakukan pendekatan secara persuasif. Dilema dalam menyelesaikan sampah ini kita harapannya yang terbaik untuk semua pihak, tapi kenyataannya di lapangan tidak semudah membalikkan telapak tangan,” tutur Pelda Egi.

BACA JUGA  Dansektor 21 Hadiri Forum SKPD Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi Tahun 2022

Egi juga menuturkan, di wilayah Desa Ciparay saat ini sudah dalam tahap pembangunan rumah bakar, dan akan dijadikan percontohan untuk dua Desa lainnya.

Sedangkan permasalahan sampah di watervang yang berlokasi di Kp. Andir, Desa Pakutandang, sementara ini pada Sabtu-Minggu (5-6/11/2021) dilaksanakan pengerukan dan pengarungan sampah sebanyak 150 karung.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.