Luar Biasa! Enam Pejabat Tinggi Daerah Hadiri RDP, Lima Diantaranya Tanda Tangani Fakta Integritas Belitung Bersih Tambang Laut

banner 468x60

KPR.COM, Belitung – Dipimpin Ketua Lembaga Adat Belitung (Lambel), para Tokoh Masyarakat, Ormas dan Organisasi lainnya mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama dengan Enam Pejabat Tinggi Dearah Kabupaten Belitung yang digelar oleh DPRD Kabupaten Belitung di Gedung DPRD Kabupaten Belitung. Kamis (15/11/2021). Hasilnya Lima Pejabat Tinggi Daerah Kabupaten Belitung tanda tangani Fakta Integritas.

Sungguh luar biasa, atas usulan dan desakan Lambel kepada DPRD Kabupaten Belitung untuk melakukan RDP mengenai Tambang Laut, tak tanggung tanggung yang menghadiri RDP ini dihadiri Enam Pejabat Tinggi yang ada di Kabupaten Belitung.

Enam Pejabat yang hadir yakni Ketua DPRD Kabupaten Belitung Ansori yang memimpin RDP, Bupati Belitung Sahani Saleh, Kapolres Belitung AKBP Tris Lesmana, Dandim 0414/Belitung Letkol inf Mustofa Akbar, Kajari Belitung IG Punia Admaja dan Ketua Pengadilan Negeri Belitung, selain itu hadir juga beberapa anggota DPRD Kabupaten Belitung.

Dalam RDP, Ketua Lembaga Adat Melayu Belitung Drs. H. Abdul Hadi Adjin mengingatkan Bupati Belitung dalam keberaniannya menyelamatkan lingkungan hidup kita, baik darat maupun laut sesuai dengan undang-undang bukan dengan persepsi.

“mengapa tidak kita laksanakan ini,” ujar Ketua Lambel ini dengan suara lantang.

Selanjutnya diakhir RDP, Bupati Belitung, Ketua DPRD Belitung, Kapolres Belitung, Dandim Belitung, Kajari Belitung menandatangani Fakta Integritas Belitung Bersih Tambang Laut

Berikut ini bunyi Fakta Integritas Belitung Bersih Tambang Laut:

1. Meresepon secara cepat tanggap terkait berbagai masalah pertambangan yang merusak lingkungan akhir-akhir ini tentunya ada langkah strategis dalam penanganannya.

2. Meneruskan agenda ini dengan cara menjaga dan mengawal Kabupaten Belitung agar tetap bebas tambang laut dari tatanan kebijakan paling terendah sampai dengan tatanan kebijakan paling tertinggi.

BACA JUGA  Tinjau Rencana Kawasan Wisata Pantai Sabang Ru di Hutan Produksi, Komisi III Gandeng KPHP Gunung Duren

3. Bersama sama melakukan pengawasan dengan bersungguh sungguh agar tidak terjadi penambangan ilegal di laut Belitung yang merusak lingkungan dan mematikan potensi pariwisata dan perikanan di Kabupaten Belitung.

4. Tidak akan mengeluarkan rekomendasi apapun bentuknya yang berkaitan dengan tambang laut di Kabupaten Belitung.

5. Menindak tegas memberi sanksi sesuai UU kepada Aparatur Negara yang berani terlibat dalam tambang laut, serta mencopot jabatan apabila terdeteksi dengan berani membekengi / berada dalam aktivitas tambang laut.

6. Meminta jajaran Bupati, Forkopimda, dan DPRD selalu menjaga integritas sesuai dengan ikrar dan sumpah ketika dilantik sebagai Pejabat Negara, sebagaimana pada sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa menjadi dasar negara.

 

(Salis)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *