Satgas Subsektor 21-09 Laksanakan Aksi Gotong Royong Bersihkan Sungai

banner 468x60

Anggota Satgas Citarum Subsektor 21-09 Cirasea yang dikomandoi Pelda Egi Sugiharto bersama warga masyarakat melaksanakan aksi gotong-royong untuk membersihkan sungai dan anak-anak sungai yang selama ini dimanfaatkan untuk kepentingan bersama.

Kegiatan kerja bakti pembersihan dilaksanakan dengan membabat tumbuhan liar yang berada di ruas kiri-kanan sungai, serta sebagian sampah yang berserakan. Selain itu, sedimentasi tanah di anak sungai dikeruk dan diangkat agar aliran air kembali normal.

“Dari pembersihan sungai dan bantaran berhasil mengumpulkan sampah sebanyak sekitar 48 kg. Lalu legiatan ini dilanjutkan dengan patroli anak sungai di wilayah Kampung Sukamelang, Desa Manggung Harja, Kecamatan Ciparay,” ucap Pelda Egi.

Adanya rumput liar di pinggiran sungai juga membuat aliran sungai Cisarea menjadi terhambat. Selain itu, kebiasaan masyarakat yang belum sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan yang dengan sengaja membuang sampahnya ke sungai pun memberikan dampak yang tidak baik untuk ekosistem di sungai.

Pada pukul 13.00 WIB Anggota Satgas melaksanakan kegiatan Komsos di Kampung Paminggir, RT 01 RW 10 Ds. Manggung Harja Kecamatan Ciparay.

“Komsos ini tentang kesehatan dan kebersihan di lingkunganya serta jangan membuang sampah di aliran sungai cirasea dengan Warga sekitar bantaran,” tutur Pelda Egi.

“Di samping itu, kami mengingatkan kepada warga sekitar DAS Sungai Cirasea agar selalu menjaga kebersihan sungai di sekitar tempat tinggalnya,” pungkasnya.

banner 300x250
BACA JUGA  DLH Cimahi Siap Bantu Fasilitasi Pembibitan Dansektor 21

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *