Wajah Citarik Sudah Menarik, Jangan Diusik Dengan Sampah Plastik

Wajah Citarik sudah mulai menarik, di badan sungai tak terlihat adanya sampah maupun air limbah. Muda hingga lansia memancing ikan, berjejer rapi di bantarannya.

Bantaran Citarik hijau ditanami, sampah dan limbah di sungai telah berhasil ditangani, Kondisi air pun keruh alami dan tidak lagi hitam ataupun warna warni.

Bacaan Lainnya

Itulah gambaran yang dilihat oleh Penulis ketika berjalan di bantaran Sungai Citarik, wilayah Kerja Satgas Citarum Harum Sektor 21 Subsektor 17 di Desa Langensari, Kecamatan Solokanjeruk, Kabupaten Bandung.

Hanya sekejap, ketika dua kantung keresek sampah timbul menjadi persoalan di ujung jembatan, dibuang masyarakat yang kurang memiliki kepekaan terhadap lingkungan. Ketidakdisiplinan mengenai kebersihan yang dapat menciptakan bayak masalah baik masalah sosial maupun masalah kesehatan.

“Sebetulnya tempat pembuangan sampah itu sudah buat 14 RW di Desa Langensari, tapi kebanyakan kaya Saya, dibakar sendiri karena ada komplain dari wilayah terdekat TPS,” ucap Ai Ariyani Warga Desa Langensari RT 03 RW 10 yang sehari-hari berdagang di seberang bantaran sungai Citarik.

“Sering saya lihat ada yang lewat gak dikenal, pake kendaraan terus lempar sampah di jembatan itu. Sering juga nyoba buat negur, tapi karena tidak punya kuasa, sesama warga biasa jadi ga dianggap,” keluhnya.

Keluhan itu datangnya dari masyarakat, bukan tentang kinerja Satgas, tapi kepada sesama masyarakat yang belum sadar akibat dari pembuangan sampah liar.

“Padahal saya sering liat Satgas ini bebersih Sungai, saya juga tau kinerjanya seperti apa, karena dulu anak saya pernah gabung di Gober Satgas,” katanya lagi.

BACA JUGA  Kembali Turun ke Sungai, Satgas Subsektor 21-16 Bersihkan Bantaran Anak Sungai Cibodas

Harapan Ai kepada masyarakat lain, terutama yang jauh dari Sungai, “Cobalah buang ke tempat seharusnya, atau dibakar sendiri, jangan mau bersih sendiri tapi merusak lingkungan orang,” tutup Ai.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.