Pembangunan Sanimas Citarum di Desa Dampit Capai 15 Persen

Tahap pembangunan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpadu (SPALD-T) atau Sanimas Citarum Harum di Kp. Tokiang, RT 04 RW 03 Desa Dampit Kecamatan Cicalengka telah berjalan 15 persen.

Dari target 3 bulan yang disyaratkan Pemerintah, Ketua KSM Karya Nyata Hendrik Sopian pada saat mendapatkan Kunjungan Awak Media pada hari Selasa (18/5/2021) berharap pembangunan ini akan rampung dalam 2 waktu bulan.

Bacaan Lainnya

“Saya dipercaya menjadi ketua KSM untuk pembangunan sanimas yang ada di lokasi Kampung Tokiang ini,” kata Hendrik. “Jarak terjauh rumah yang akan diintegrasikan dari lokasi sanimas sekitar 200 meter,” lanjutnya

Sanimas Citarum Harum merupakan program yang didanai oleh Kementerian PUPR dalam membantu percepatan pengendalian program Citarum Harum.

 

Pada Tahun Anggaran 2021 ini, Desa Dampit yang merupakan Wilayah Kerja Satgas Citarum Subsektor 21-16 menjadi salah satu lokasi yang diprioritaskan untuk mendapatkan bantuan pembangunan Sanimas Citarum Harum. Selain dikarenakan kepadatan penduduk dan luas wilayahnya, Desa Dampit juga memenuhi kriteria dengan adanya lahan hibah milik pemerintahan Desa Dampit.

Kepala Dusun II Kp. Tokiang, Dadang Sumantri sampaikan tanggapan masyarakat atas adanya bantuan Sanimas ini, “Alhamdulillah, masyarakat menyambut baik atas pembangunan sarana penampungan limbah (limbah domestik) sanimas (sanitasi masyarakat) ini,” katanya.

Dijelaskan pula oleh Dadang bahwa pembuangan limbah domestik warga masyarakatnya, sejauh ini ada rumah yang sudah memiliki septictank, memanfaatkan MCK umum, dan ada yang masih dilakukan di luar ruang atau dibuang ke selokan/sungai. Maka dengan adanya pembangunan ini diharapkan akan menjaga sungai yang dimanfaatkan untuk ratusan hektar lahan masyarakat.

BACA JUGA  Persiapan Penanaman Dalam Rangka HPN di Sektor 21 Siapkan 2000 Pohon

Pembangunan Sanimas Citarum Harum di Kp. Tokiang ini direncanakan dapat menampung 83 saluran dari 90 KK.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.