Target KKN-PPM Unidar Ambon 2021 Wolu Jadi Negeri Percontohan di Malteng

KPR.COM, Malyeng- Kuliah Kerja Nyata, KKN-PPM yang dilakukan Mahasiwa Universitas Datussalam Ambon tahun 2021 di Negeri Wolu di targetkan menjadi Negeri percontohan di kabupaten Maluku Tengah, (Malteng) Hal tersebut berdasarkan Program Kerja KKN-PPM yang suda mereka pleningkan.

Pembuatan data Statistik Negeri Wolu secara lengkap, mulai dari data Kependudukan, data kesejahteraan sosial, data perumahan rakyat, sampai data kepemilikan lahan secara kolektif yang kami lakukan, hampir 100% proses pendataan data statistik tersebut sudah rampung. Hal ini di sampaikan pada media ini’ Kamis, (29/04/21).

Ketua Kelompok KKN Negeri Wolu, Chalid Solissa mengatakan “Rencananya selesai lebaran idul fitri kami akan menargetkan proses perampungan data statistik tersebut, sekaligus kami akan melakukan launching pelatihan proses pendataan data statistik lengkap berbasis online secara lengkap kepada pemerintah negeri dan mengudang semua element-element pemerintah yang ada di maluku tengah lebih khususnya di seram selatan”. ujarnya Solissa.

Lanjutnya “Kita tahu bahwa hampir semua desa-desa dan Negeri-negeri memiliki masalah dalam pelaporan data statistik secara lengkap, dan bahkan ada yang hanya memiliki data kependudukan dan data kesejahteraan sosial saja. Biasanya proses pendataan yang sering dilakukan adalah sistem pendataan secara manual dan itu pasti sangat merepotkan ketika terjadi kesalahan dalam proses penginputan pendataan. Olehnya itu hadirnya kami dengan sistem pendataan yang berbasis online ini setidaknya lebih meminimalisir dan mempermudah kinerja pemerintah Negeri dan staf pemerintahan yang sedang melakukan proses pendataan ataupun yang sedang melengkapi data statistik daerah-daerah mereka. Proses pendataan data statistik berbasis online ini untuk Wilayah Maluku Pertama kalinya di coba di Negeri Liang dan Negeri Tial, Kabupaten Maluku Tengah.” Beber Solissa.

BACA JUGA  Ketua MT Nur Asiah Widya MI Berbagi Makanan Sahur Bersama Warga

Ketua BEM Fakultas Hukum Unidar ini juga menambahkan ” untuk Wilayah Maluku Tengah lebih khusunya Seram Selatan ini adalah kali pertama di lakukan, dan Negeri Wolu menjadi negeri yang pertama kali kami lakukan Proses pendataan. Kami Menargetkan Bahwa negeri Wolu akan menjadi Negeri Contohan di Maluku Tengah yang memilik Data Statistik Kependudukan, Kesejahteraan Sosial dan data Kepemilikan Rumah dan Lahan secara Lengkap.” tutur Solissa.

” Kami Berharap semoga dengan adanya proses pembuatan data statistik yang kami buat dapat menjadi motivasi bagi daerah-daerah yang belum melengkapi data statistiknya, agar kiranya dapat melakukan proses kelengkapan data statistik daerah secara lengkap. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Negeri Wolu, dan Semua element masyarakat Negeri Wolu atas atensi dan kerjasamanya yang telah mana membantu mempermudah proses pendataan kami, juga kepada dosen Instruktur kami Pak Haris Kolengsusu yang telah banyak memberikan bimbingan kepada kami dalam proses pendataan berbasis digital.” tutup Chalid Solissa Ketua Kelompok KKN Negeri Wolu Tahun 2021.

(Erpan/Red)

Koran Peduli Rakyat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.