Satgas Subsektor 21-01 Jaga Sungai Tetap Bersih di Bulan Ramadhan

Satgas Citarum Subsektor 21-01 melaksanakan kegiatan pemantauan dan karya bakti pembersihan aliran sungai, Citarik, Desa Nanjung Mekar, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung.

Kegiatan yang dilakukan Satgas berupa pembabatan rumput liar yang tumbuh di pinggir sungai, pengangkatan sedimentasi dan sampah plastik yang tersangkut guna menjaga kondisi sungai tetap bersih di bulan Ramadhan.

Bacaan Lainnya

Kegiatan dilakukan Anggota Subsektor 01 bersama Gober Pelopor Kebersihan dengan alat seadanya dan berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 80kg. Pembabatan rumput liat dilakukan untuk mencegah potensi tersangkutnya sampah dan terjadinya sedimentasi yang dapat mengakibatkan aliran sungai terganggu.

Sedimentasi atau pendangkalan di sungai terjadi akibat tanah yang terbawa air hujan dari hulu mengendap di bawah jembatan di wilayah desa Nanjung Mekar, maka dilakukan pengerukan dengan alat manual oleh beberapa personel Satgas dan Tim Gober.

Selanjutnya, patroli turut dilakukan di 4 aliran anak sungai Citarum yang menjadi wilayah kerja Subsektor Rancaekek diantaranya sungai Citarik, Sungai Cimande, Sungai Ciburaleng dan Sungai Cikijing

Usai kegiatan, Anggota Satgas menyampaikan kepada warga sekitar bantaran yang ditemui untuk selalu mendukung upaya Satgas menjaga kebersihan dan ekosistem sungai dengan menganjurkan membuang sampah ke fasilitas yang sudah disediakan, tidak ke sembarang tempat atau Sungai.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.