Subsektor 21-16 Bantu Evakuasi Bangunan Warga yang Longsor Tergerus Air Sungai Cibodas

 

Tingginya debit air sungai, gerus setengah bangunan rumah warga di bantaran. Satu unit bangunan di Jl. H Dahlan RT 03 RW 03 Desa Cicalengka Kulon, Kecamatan Cicalengka terbawa longsor tebing di samping bantaran Sungai Cibodas.

Bacaan Lainnya

Kejadian itu terjadi pada hari Kamis (25/3/2021) pukul 20.45, pasca hujan mengguyur kawasan tersebut ditambah air kiriman dari hulu yang mengakibatkan debit air cukup tinggi. Meskipun tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun menurut keterangan anggota Subsektor 21-16 Cicalengka Serma Syamsudin kerugian yang dialami korban yang diketahui bernama Bripka Tatang 45 persen bangunan rumahnya hancur terbawa longsoran.

Akibat kejadian ini, sebagian barang-barang milik korban terbawa aliran sungai. Bekerjasama dengan unsur warga setempat, Linmas serta Babinsa, anggota Subsektor 16 pada hari Jum’at (26/3/2021) bahu membahu mengevakuasi material bangunan warga yang rusak, sekaligus membersihkan tanah longsoran yang menutupi sebagian badan Sungai.

 

Diketahui sebelumnya, bahwa beberapa waktu terakhir debit air sungai Cibodas ini cukup tinggi akibat hujan, menurut pengakuan salah satu Warga setempat, tanah dari bangunan korban memang sudah mulai tergerus air Sungai pada hari hari sebelumnya.

“Kami dari Sektor 21 Subsektor 16 Cicalengka menghimbau kepada warga yang tinggal di bantaran sungai Cibodas agar selalu berhati-hati dan waspada terhadap longsor susulan yang lebih besar,” tutur Serma Syamsudin.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.