Terima Bantuan Pembangunan Sanimas, Kadus 01 Kiarajegang Sampaikan Terimakasih Warga

Dapatkan bantuan pembangunan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpadu (SPALD-T) atau Sanimas Citarum Harum, Saepulloh, Kepala Dusun 01, Kampung Kiarajegang, Desa Mekarbakti, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang sampaikan terima kasih dari masyarakat, Senin (22/3/2021).

Sanimas Citarum Harum merupakan salah satu program pengendalian pencemaran lingkungan sekaligus untuk meningkatkan kesehatan masyarakat yang dananya berasal dari Kementerian PUPR. Pada tahun anggaran 2021 ini Kabupaten Sumedang mendapatkan bantuan sebanyak 8 unit Sanimas yang terbagi dalam beberapa wilayah.

Bacaan Lainnya

“Tahun 2021 ini pembangunan Sanimas di Kabupaten Sumedang ada 8, sedangkan TPS 3R ada 4, jadi totalnya ada 12 titik,” ucap Serda Kani Anggota Subsektor 21-15 Sumedang. “Untuk sanimas ini lokasinya belum semua fix, baru ada 7 yang sudah pasti dan satu lagi masih dilakukan survei,” jelasnya.

Adanya bantuan pembangunan Sanimas ini sangat diterima baik oleh masyarakat, hal itu disampaikan oleh Kepala Dusun 01 Kampung Kiarajegang Desa Mekarbakti Kecamatan Pamulihan saat melakukan survei ke lokasi yang akan dibangun, “Alhamdulillah, dengan melihat kondisi masyarakat di lingkungan RW 02 dengan melihat penghasilan warga, untuk membuat septic tank secara mandiri lumayan pengeluarannya. Namun dengan adanya bantuan dari pemerintah ini warga bisa menyalurkan limbah domestik nya ke IPAL komunal. Kurang lebih ada 75 rumah yang akan disalurkan ke Sanimas, sedangkan untuk lahannya sendiri Alhamdulillah ada warga yang sukarela memberikan hibah untuk pembuatan Sanimas,” ujar Saepulloh.

Senada dengan Saepulloh, Ketua RW 02 Kp. Kiarajegang yang juga ditunjuk sebagai ketua KSM mengucapkan rasa syukurnya atas adanya program pembangunan ini, “Sebagai ketua RW di sini, Saya merasa bersyukur, Alhamdulillah dengan adanya program pembangunan IPAL Komunal ini mudah-mudahan ada manfaatnya buat warga khususnya warga Kiarajegang.

BACA JUGA  Subsektor 21-16 Bantu Evakuasi Bangunan Warga yang Longsor Tergerus Air Sungai Cibodas

Dijelaskan pula oleh Koswara bahwa sebagian masyarakat di wilayahnya masih banyak yang menyalurkan limbah domestik nya ke selokan yang dialirkan langsung ke sungai, hanya sebagian kecil saja yang sudah membangun Septic tank mandiri. Maka, Sanimas ini menurutnya merupakan solusi terbaik yang diberikan oleh pemerintah.

Sementara, sebagai Ketua KSM Koswara mengaku sudah melakukan persiapan, “InsyaAllah kalau masalah persiapan teknis, tenaga, pikiran dan doa mudah-mudahan lancar. Rencana pembangunan ini harus sesuai spek, sesuai dengan aturan pemerintah,” pungkasnya.

Pembangunan Sanimas ini seluruhnya akan dikerjakan dengan tenaga lokal dari pembentukan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM), Satgas Citarum sendiri menurut Serda Kani akan turut membantu agar program ini berjalan sesuai dengan apa yang direncanakan tanpa ada kendala ataupun halangan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.