Dansektor 21 : Kita Jangan Kerja Sendiri, Libatkan Masyarakat Untuk Bangun Kepedulian

Demi mewujudkan cita-cita Citarum Harum, Dansektor 21 Kolonel Arm Nursamsudin sampaikan pada Anggotanya untuk libatkan Masyarakat dalam karya bakti guna membangun kepedulian terhadap pengelolaan sampah.

Pelaksaan kegiatan pengerukan sedimentasi sungai Cimande pada hari Minggu (28/2/2020) di Desa Nanjung Mekar, Kecamatan Rancaekek, yang menghubungkan 2 Subsektor di Sektor 21 berkolaborasi dengan unsur Masyarakat, Babinsa, Perangkat Desa, dan Ormas berjumlah lebih kurang 100 orang.

Bacaan Lainnya

Pendangkalan yang terjadi di sungai Cimande Menurut Dansektor 21 terjadi akibat endapan tanah yang terbawa hujan ditambah dengan sampah masyarakat yang ikut tersangkut.

“Jadi, kegiatan hari ini Sektor 21 Subsektor 01 dengan Subsektor 15 melaksanakan kerja bakti di Sungai Cimande,” kata Dansektor 21. “Kenapa dilaksanakan di sini, karena kita melihat sendiri telah terjadi pendangkalan. Memang sudah pernah dilaksanakan pengangkatan sedimentasi, tetapi karena hujan dan adanya ketidak disiplinan Masyarakat membuang sampah, sungai Kita menjadi dangkal dan kurang bersih,” lanjutnya.

https://youtu.be/zJ_vpbcs_9s

Adapun dari kegiatan ini, Dansektor 21 mengapresiasi peran serta selain Anggota Satgas dari Subsektor 01 dan 15 juga melihat keterlibatan Ormas Pemuda Pancasila (PP) dan Perangkat Desa Tanjung Mekar serta beberapa warga yang hadir dalam kegiatan ini.

“Sebuah apresiasi dari Saya selaku Dansektor 21, mudah-mudahan kebersamaan sinergitas ini bisa terjalin di daerah-daerah lain,”

Dansektor 21 menambahkan, “Kita lihat juga dari Koramil aktif ikut membantu mendukung meskipun dengan segala keterbatasan baik itu peralatan maupun kekuatan personilnya,”.

Masih kata Dansektor 21, setidaknya ini merupakan sebuah kebersamaan sehingga dapat mewujudkan cita-cita Citarum yang harum.

BACA JUGA  Gunakan Alber dari Dinas Pu Kota Bandung, Sektor 21 Harapkan Percepatan Pembuatan Jalan Inspeksi Citepus.

Walaupun Subsektor yang terlibat hari jni hanya Subsektor 1 dan 15, tetapi di Subsektor yang lain juga ada yang melaksanakan, “Dari kemarin memang itu suatu program yang telah Saya sampaikan bahwa kita jangan kerja sendiri, Kita ajak Masyarakat dalam seminggu sekali atau sebulan dua kali (karya bakti) yang pertama karena dampaknya sangat luar biasa dengan melibatkan masyarakat, yang kedua kebersamaan, berikutnya dalam membangun kepedulian masyarakat terhadap kepedulian pengelolaan sampah di perairan sungai maupun anak sungai Citarum,” tutupnya.

Sementara, disinggung tentang pemberitaan bahwa kurangnya kepedulian Kepala Desa Nanjung Mekar terhadap program Citarum, Kades Dedah Fadilah didampingi Sekretaris Desa dan LPMD yang turut hadir dalam kegiatan ini menepis, selama ini Satgas selalu berkoordinasi dengan pihak Desa dalam setiap program Citarum Harum di wilayahnya, “Kita selalu ada koordinasi, selalu ada kebersamaan ya. Kita selalu mendukung, kalau ada koordinasi Desa pasti akan turun,” ujarnya. “Memang kemaren-kemaren ada kegiatan yang Desa tidak diberitahu, tidak ada tembusan tau-tau sudah ada pekerjaan. Tapi selama ada pemberitahuan, selama ada tembusan pasti kami akan turun,” tegasnya.

Namun pernyataan itu disanggah oleh salah satu warga yang hadir dalam kegiatan, “Sepengetahuan Saya, dari undangan pemberitahuan partisipasi itu atas sepengetahuan Kepala Desa, dengan tanda tangan Kades. Tapi selama ikut karya bakti normalisasi sungai Cimande, Saya baru pertama kali ini liat Kades hadir dalam kegiatan,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kolonel Arm Nursamsudin (Dansektor 21 Citarum Harum), Anggota Subsektor 01 Rancaekek dan Subsektor 15 Sumedang, Dedah Fadilah (Kades Nanjung Mekar) bersera perangkat Desa Nanjung Mekar sebanyak 15 Orang, Serka Rohmat (Babinsa) Warga RW 4, RW 5 dan RW 14 Nanjung Mekar, Asep Supriatna (Ketua Ormas PP) Ranting Nanjung Mekar beserta anggotanya serta beberapa Awak Media yang meliput.

BACA JUGA  Patroli Sub 21-14 Dapati Sungai Cimahi Utara Bersih dari Sampah

Kegiat tersebut juga didukung oleh Perusahaan-perusahaan yang ikut serta berpatisipasi diantaranya :

1. PT. BUDI AGUNG

2. BORMA RANCAEKEK

3. PT. SENOTEX

4. AYAM PENYET

5. INDOMARET

6. ALFAMART

7. ENKO RONGSOK

8. BARRIE JAYA PERKASA

9. PT. JATAYU

10. PT. TASTEX

11. BKKM (Rumah Sakit Kesehatan Kerja)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.