Sekdes Sindang Pakuon : Bukan Cuma Aksi, Satgas Beri Solusi dan Edukasi

Desa Sindang Pakuon terlintas oleh jalur Citarum Harum Subsektor 21-15 Sumedang, dimana Hulunya mulai dari Gunung Tanjung wilayah Manabaya sampai dengan hilirnya di wilayah Citarik.

Efektivitas penyelarasan antara aparat Desa dengan Citarum Harum menurut Sekretaris Desa Sindang Pakuon sudah sangat terasa dampaknya terutama melalui program-program yang berbasis kepentingan masyarakat untuk tercapainya kebersihan sungai.

Bacaan Lainnya

“Sebelumnya saya berterima kasih, dengan adanya Satgas ini kita sangat terbantu yang pertama dalam segi penanganan kawasan banjir di wilayah Desa Sindang Pakuon khususnya. Selanjutnya Kita bisa merasakan di tahun 2020 kemarin ada program Sanimas Citarum Harum, ini sangat membantu kami. Kita libatkan unsur-unsur Masyarakat bersama Satgas, kita bisa cek ke sungai yang ada di wilayah kami hari ini sudah bisa dipakai berenang oleh anak-anak,” tutur Sekretaris Desa Sindang Pakuon Ridwan Sopiana saat ditemui di Kantornya pada hari Senin (22/2/2021).

Seperti diketahui sebelumnya, program Sanimas Citarum Harum dan TPS 3R Citarum Harum di Subsektor Sumedang dibangun di 5 Kecamatan dan 14 Desa diantaranya Sanimas 8 lokasi dengan total 11 unit sedangkan TPS 3R berjumlah 10 unit di 7 lokasi, dan semua program tersebut dikerjakan oleh Kelompok Swadaya Masyarakat dibantu Anggota Satgas Citarum Subsektor 15.

Menurut pengakuan Ridwan, sungai di wilayahnya dirasa berbahaya karena tercampur dengan kotoran limbah domestik rumah-rumah warga, sehingga ketika Sanimas telah dibangun dan bisa digunakan oleh masyarakat, permasalahan tersebut bisa diatasi. “Kalau dulu (limbah domestik) kita memang tidak komunal , jadi langsung saja ke sungai, tapi setelah dibangun dan bisa digunakan, Alhamdulillah untuk permasalahan limbah domestik di wilayah ini sudah tercover,” ujarnya.

BACA JUGA  Pembersihan Sungai Cisarea Subsektor 21-09 Guna Antisipasi Banjir Karena Air Meluap

Ridwan mengungkapkan terimakasihnya terhadap Satgas, karena dapat memberikan solusi serta edukasi kepada masyarakat di wilayahnya.

“Pada dasarnya, ketika program ini tidak didukung Masyarakat sekitar, ini tidak akan berjalan. Kita terbuka saja, permasalahan pasti ada, dalam hal ini adalah ketika akan dibangun IPAL, Warga takut akan bau dan lain sebagainya. Tetapi semua kita edukasi, Satgas memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa ini adalah proyeksi Pemerintah yang disiapkan untuk penanganan Sungai di wilayah kami,” katanya.

Menurut Ridwan, dapat sekali dibedakan kondisi sungai sebelum dan sesudah hadirnya Satgas. Ia menggambarkan dulunya banyak sampah dari hulu hingga ke hilir sungai, dalam kinerja Satgas secara efektif membersihkan mulai dari atas serta memberikan edukasi kepada warga di sekitar bantaran, “Satgas ini tidak hanya melakukan aksi, tetapi juga memberikan solusi dan edukasi kepada masyarakat dengan berbenah sungai, pembuatan IPAL, TPS 3R dan lain sebagainya,” ungkapnya.

dokumetasi karya bakti dan sosialisasi Subsektor 15

Kemudian, Ridwan juga mengungkapkan isu yang berkembang di wilayahnya mengenai sampah. Melalui kolaborasi yang terjalin antara masyarakat, Aparat Desa dan Satgas Citarum masalah ini sudah mulai dapat diatasi, “Alhamdulillah melalui pembangunan TPS 3R Citarum Harum sebagai penanggulangan sampah, Masyarakat sudah difasilitasi tempatnya. Memang tidak mungkin langsung semua sadar, tapi minimal warga ini sudah diedukasi oleh Satgas untuk tidak membuang sampah lagi ke sungai karena sudah disterilkan,” jelasnya. Adapun ketika melangsungkan kegiatan karya bakti, menurut Ridwan Satgas selalu melibatkan unsur masyarakat untuk turut serta.

Masih kata Ridwan, pembangunan fasilitas kebersihan menjadi solusi untuk mendisiplinkan Masyarakat, dan hadirnya Satgas sangat membantu tercapainya segala program ini, “Satgas Citarum Harum saat proses pembangunan (Sanimas dan TPS 3R) itu sangat membantu dari tahapan awal musyawarah di Desa sampai dengan pelaksanaan pembangunan di Sindang Pakuon ini. Jadi bukan saya mengada-ada, memang sangat terbantu oleh Satgas,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.