Talk Show Bela Negara Merawat Alam Dansektor 21 Bersama Plt Walikota Cimahi dan Akademisi

Bersama dengan Plt Walikota Cimahi Letkol (Purn) Ngatiyana serta praktisi di bidang akademisi sekaligus Ketua dari Duasatu Kehati Foundation Dr. Eki Baihaki, M.Si., Dansektor 21 Kolonel Inf Yusep Sudrajat mengadakan kegiatan Talk show dengan tema “Bela Negara Merawat Alam Di Masa Pandemi” pada hari Sabtu (23/1/21).

Bertempat di Taman Kehati Posko Sektor 21, Talk show yang diinisiasi oleh TV Harmoni tersebut berlangsung mulai pukul 09.00 hingga pukul 10.00 WIB dengan menjalankan protokol kesehatan Covid-19. Hadir pula dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi (
Mochamad Ronny, Dansektor 14 Kolonel Czi Raflan serta para tamu undangan lainya.

Bacaan Lainnya

Adapun dalam acara yang dipandu Dr. Riva Rahayu, M.Ud sebagai Host terebut masing-masing narasumber menyampaikan masing-masing fokus bahasan diantaranya, Peran TNI dalam Merawat Alam dimasa Pandemi yang disampaikan Dansektor 21, Peran Pemkot Cimahi Dalam Merawat Alam dan Mitigasi Bencana Saat Pandemi oleh Plt Walikota Cimahi, serta Pentingnya Merawat Keanekaragaman Hayati disampaikan Ketua Duasatu Kehati Foundation.

Dalam acara tersebut Kolonel Yusep mengungkapkan bahwa dalam peraturan yang ada di institusi militer bahwa perang bisa dilakukan saat kondisi tidak terjadi perang. “Perang yang dimaksud adalah bukan musuh dari luar negeri tapi musuh berupa pandemi, penyebab bencana atau masalah sosial lainnya,” katanya. “Dan saat ini TNI AD Kodam III Siliwangi diamanatkan untuk melakukan perbaikan ekosistem di sungai Citarum akibat perilaku manusia yang berakibat rusaknya kondisi sungai khususnya dan alam pada umumnya,” ungkap Kolonel Yusep.

BACA JUGA  Manfaat dan Sosok Dibalik DAM Adimaja

“Kita di Citarum ini sudah sekitar 3 tahun, untuk mengembalikan Ekosistem DAS Citarum, salah satunya menjaga alam. Apabila alamnya bagus, ekosistemnya bagus, lingkungan indah dan bersih, otomatis kehidupan masyarakat nya juga akan nyaman dan nikmat. Tidak ada lagi riak riak yang akan menggangu kelancaran pemerintahanan, karena itu juga bisa di politisir macam macam terkait masalah alam ini,” tuturnya lagi usai kegiatan berlangsung.

Bagaimana kelangsungan hidup umat manusia itu sangat penting, “Apa yang dilakukan lakukan hari ini kita koordinasi dengan PLT Walikota untuk menindaklanjuti Yayasan Duasatu Kehati Foundation, dimanakah Kehati itu artinya adalah Keanekaragaman Hayati, karena ini ada lahan 5 hektar kurang lebih, kita udah menata dari setahun yang lalu kondisinya yang awalnya tidak ada bangunan hanya ada satu bangunan di sana Mess yang untuk bekerja, sekarang sudah mulai banyak ada jogging track kita buat juga, tapi tidak mengurangi untuk penghijauan di sini. Mungkin sudah ribuan pohon yang kita tanam dan sudah mulai keliatan hijau,” lanjutnya Dengan hadirnya PLT Walikota, Kolonel Yusep berharap dapat terus terjalin kerjasama antar unsur dan pemerintahan.

Menyampaikan peran Pemkot Cimahi dalam merawat alam dan mitigasi bencana saat pandemi, Letkol (Purn) Ngatiyana menyambut baik apa yang disampaikan oleh Dansektor 21 dalam menindaklanjuti kerjasama Pentahelix serta pengelolaan Yayasan Duasatu Kehati Foundation. Begitupun Plt Walikota Cimahi mengatakan bahwa Pemkot harus berusaha membangun kondusifitas wilayah, apalagi dalam kondisi pandemi dan musim hujan yang sangat rawan terjadi bencana longsor maupun banjir.

Sementara mengenai pandemi Covid-19, hari senin depan (25/1) merupakan akhir selama dua minggu PPKN yang ada di kota Cimahi yang berlangsung sejak tanggal 11 sampai dengan tanggal 25 Januari 2020, “Kebetulan tanggal 25 nanti kita akan adakan rapat koordinasi forkopimda untuk membicarakan tentang perpanjangan PPKN selama dua minggu dari tanggal 26 sampai tanggal 8 Februari, ini berdasarkan bahwa hasil rapat kabinet pemerintah pusat (09-01-2020) bahwa PPKN Jawa Bali diperpanjang selama dua minggu, teknisnya seperti apa nanti kita atur, kita lakukan bersama forkopimda untuk bagaimana mencapainya,” kata Ngatiyana.

BACA JUGA  Hadapi Musim Penghujan, Satgas Citarum Subsektor 21-04 Terus Jaga Kebersihan Sungai Cidurian

“Kita sampaikan terima kasih atas partisipasinya kepada seluruh masyarakat yang selama dua minggu ini kita laksanakan BPKM telah mematuhi mentaati disiplin, apa yang kita minta dari pemerintah ini bukan untuk pemerintahannya tetapi untuk keselamatan seluruh masyarakat. Ini adalah bentuk cinta terhadap masyarakat jangan sampai banyak yang terpapar covid-19,” pungkasnya.

Usai kegiatan, Dansektor 21 mengajak para narasumber dan tamu yang hadir untuk berkeliling melihat fasilitas, Sarana dan Prasarana yang telah dibangun Satgas Citarum Sektor 21 di taman Kehati

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.