Sampah Masyarakat Masih Jadi Permasalahan, Satgas Subsektor 21-05 Kerja Nyata di Sungai

Meski banyak masyarakat yang telah menerapkan pola hidup bersih dan sehat berkat kerja nyata dan sosialisasi oleh satgas Citarum Harum, namun masih ada saja beberapa orang yang belum sadar dan membuang sampah ke sungai. Hal tersebut masih menjadi permasalahan sungai dan secara rutin dilakukan pemantauan dan pembersihan oleh anggota satgas Citarum.

Seperti pada hari Sabtu (12/12/2020) Anggota Satgas Citarum Harum Subsektor 21-05 melaksanakan pembersihan sampah di Anak sungai Cikapundung yang berlokasi di Kampung Mengger RT 03 RW 04 Desa Sukapura, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung.

Bacaan Lainnya

Sepanjangan 80 meter, bukan hanya pembersihan sampah, Satgas juga melakukan pembabatan dan pengangkatan rumput liar dari sungai untuk setelahnya dikumpulkan dan biarkan kering lalu dibakar sampai habis.

Usai pembakaran sampah, kegiatan selanjutnya yang dilaksanakan oleh satgas Subsektor 05 adalah patroli di bantaran sungai Cikapundung dan Cipalasari, “Patroli dilaksanakan untuk memastikan tidak ada masyarakat yang membuang sampah ke sungai serta tidak ada limbah industri,” ucap Dansubsektor Cikapundung.

Sebelum kegiatan selesai dan kembali ke Posko, Satgas melaksanakan Komsos dan sosialisasi kepada masyarakat di desa Citeureup RT 5, RW 15 Kecamatan Dayeuh Kolot agar tidak membuang sampah ke sungai serta menjaga ekosistem sungai.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.