Warga Akui Adanya Satgas Subsektor 21-09, Tanamkan Kerja Sama di Kecamatan Ciparay

Deden salahsatu warga Kampung Rancabogo, Desa Sagara Cipta Kecamatan Ciparay ungkapan hadirnya Satgas Citarum Harum Subsektor 21-08 di kecamatan Ciparay memberikan dampak positif bagi lingkungan dan perilaku masyarakat sekitar.

 

Bacaan Lainnya

Deden memberikan pernyataan nya pada saat awak Media melaksanakan kunjungan ke wilayah yang dialiri Sungai Cisarea pada hari Selasa (10/11/2020).

 

“Dulu sebelum ada Satgas, masyarakat masih banyak yang belum sadar pentingnya kebersihan dan dampak pembuangan sampah yang sembarangan,” kata Deden

 

“Sebelum ada Satgas, disini sampah berantakan, sungai juga sering tersumbat karena sampah yang numpuk. Walaupun sudah ada himbauan dari pengurus setempat tapi terkadang masih ada saja yang belum sadar. Nah setelah ada Satgas Citarum masyarakat mulai sadar untuk tidak membuang lagi sampah ke sungai,” tuturnya.

 

Dirinya juga mengatakan bahwa saat ini masyarakat sudah mulai ikut turun membersihkan sungai membantu Satgas, “Awalnya mungkin masih cuek, tapi lama kelamaan liat Satgas bebersih sungai akhirnya warga juga ikut turun. Sekarang udah jarang lah liat sampah yang numpuk lagi di pinggir jalan. Banyak perubahan nya setelah ada Satgas, masyarakat lebih mau diajak kerjasama, lebih kompak lah untuk menjaga lingkungan,” katanya.

 

Sedangkan Anggota Subsektor 08 Cisarea menuturkan bahwa permasalahan di sungai Cisarea ini adalah Sampah dan semak belukar yang sering menghambat aliran sungai, “Cisarea ini tidak ada limbah Pabriknya, tapi sering air tersumbat dan meluap ke jalan, permasalahan utamanya sampah, dan semak belukar yang yang menghambat aliran sungai, dan penumpkan sampah itu membuat air menjadi kotor,” kata Dansubsektor 09 Ciparay, Pelda Cece Suhendri.

BACA JUGA  Giat Webinar di Posko Sektor 21 Tentang Strategi Mitigasi Bencana Hidrometeorologi di DAS Citarum

 

Pelda Cece bersyukur bahwa saat ini warga sudah mau ikut turun ke sungai, membantu membersihkan dan menjaga turut ekosistem.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.