PEMDES DAN MASYARAKAT JOJOGAN ADAKAN TASYAKURAN SEDEKAH BUMI

 

Masyarakat dan Pemerintah Desa jojogan tengah mengadakan acara tradisi tasyakuran sedekah bumi pada Rabu,(08/07/2020) yang diadakan di Desa Jojogan Kecamatan Watukumpul Pemalang.Sedekah bumi atau ruwatan adalah salah satu tradisi atau budaya jawa yang sampai saat ini masih dilestarikan oleh masyarakat jawa.

 

Acarara tradisi tersebut dihadiri pula oleh Jajaran Pemerintah Desa Jojogan dan para tokoh masyarakat sekitar,acara berlangsung dengan lancar dan kondusif serta memakai protokol kesehatan tentunya.

 

Masyarakat sekitar sangat antusias dengan adanya acara yang diadakan rutin sekali setahun tersebut, karena masyarakat bisa terhibur oleh seni tradisional yang ditampilkan di acara sedekah bumi.

 

 

Sumarto selaku tokoh masyarakat menerangkan bahwa acara sedekah bumi diadakan setahun sekali di bulan apit dengan salah satu prosesi adat istiadat mengubur kepala kambing kedalam tanah “Arti mengubur kepala kambing diperapatan itu artinya desa jojogan ada batas-batasnya timur Patrol,selatan jalan Simbarang sampai Pedalih, kalau barat itu Pedalih dan utara itu Ratamandor,” tuturnya.

 

Masih ditempat yang sama, Irman Faozi selaku Kepala Desa Jojogan menjelaskan kepada awak media bahwa acara sedekah bumi atau apitan tahun ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya karena acara diadakan ditengah pandemic Covid 19 “Untuk acara tahun ini berbeda dengan acara tahun kemarin, karena situasi dan kondisi kita sedang menghadapi Pandemic Corona jadi kita tetap menggunakan protokol kesehatan” tutupnya. (Chand & Aw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.