FGD PHBS di Sektor 21 Soroti Pembinaan Kembalinya Fungsi Sungai dan Hutan

Sektor 21 Satgas Citarum Harum laksanakan Giat Edukasi Forum Group Discussion (FGD) Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Gedung Aula Kecamatan Baleendah, . Adipati Kertamanah No. 2 Kabupaten Bandung, Jum’at (19/6/2020).

Dalam kegiatan FGD ini dihadiri Dansektor 21 Kolonel Inf Yusep Sudrajat yang diwakili oleh Pasiminlog Lettu Inf. Sukisworo sebagai Narasumber, Kasi Pencegahan Bencana BPBD, Kasi Komunikas Diskominfo Jabar, Perwakilan Anggota Subsektor Citarum Harum Sektor 21, Staf Diskominfo, Staf Kecamatan Baleendah, Perwakilan RT, RW, Warga dan Kader Kecamatan Baleendah, dan Kecamatan Bojongsoang.

Kegiatan dimulai pada Pukul 09.00 WIB, dengan pembukaan Lagu Indonesia Raya disambung dengan Sambutan-sambutan.

Bacaan Lainnya

Adapun rangkaian kegiatan adalah pembukaan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan Kasi Komunikasi Publik Diskominfo Jabar Ibu Indah Dwiyanti, Camat Baleendah yang diwakili oleh staf Kecamatan Baleendah Bapak Ace, pelaksanaan Edukasi FGD Pola Hidup Bersih dan Sehat, pelaksanaan Sosialisasi program Citarum Harum Sektor 21, penyerahan piagam dari Diskominfo kepada Kader PKK Kecamatan Baleendah dan dijadwalkan selesai pada pukul 11.55 WIB.

Mewakili Dansektor 21, Pasiminlog 21 Lettu Inf Sukisworo sebagai narasumber menyampaikan permohonan maafnya dimana Kolonel Yusep tidak bisa hadir karena ada tugas yang tidak dapat ditinggakan.

Selanjutnya, Lettu Sukisworo menyampaikan kondisi Sungai Citarum dari awal permasalahan, hingga apa yang sedang dikerjakan sampai saat ini.
“Untuk kondisi awal permasalahan DAS Citarum dan langkah-langkah yang sudah kami ambil untuk mengatasi permasalahan pencemaran DAS Citarum, Alhamdulillah capaian atau hasil yang telah kami kerjakan selama kurun waktu jalan tahun ketiga ini ini sudah bapak dan ibu sekalian ketahui dan dirasakan oleh masyarakat,” ucapnya.

BACA JUGA  Subsektor 21-13 : Jangan Jadikan Sungai Sebagai Tempat Pembuangan Sampah

“Sektor 21 Satgas Citarum harum selama ini ini telah melaksanakan penanganan dan pembersihan sampah di sepanjang das Citarum dari sampah hingga limbah industri, seperti yang Bapak Ibu ketahui dengan melakukan tindakan tegas terhadap perusahaan yang membuang limbah tidak sesuai dengan baku mutu yang telah ditetapkan,”

Dirinya juga mengungkapkan bahwa selain permasalahan di sungai, Bantaran pun menjadi fokus Sektor 21 dimana telah dilaksanakan penertiban bantaran Sungai dengan menertibkan bangunan liar disepanjang DAS Citarum dan Anak Sungai Citarum.

Pembinaan juga dilaksanakan terhadap perusahaan dengan melaksanakan pengecekan IPAL secara berkala dan pembuatan komitmen agar perusahaan selalu memperhatikan limbah yang dibuang ke sungai agar tidak merusak ekosistem.

Dijelaskan pula oleh Lettu Sukisworo bahwa pada awal tahun 2020 sektor 21 Citarum harum telah memulai kerjasama dengan Dinas LH Kota Cimahi untuk mengembalikan fungsi hutan Kota Cimahi (Taman Kehati) di daerah Kampung cimenteng, kelurahan Cipageran kecamatan Cimahi Utara.
“Selain fungsinya sebagai hutan kota, ke depan bisa dijadikan sebagai sarana rekreasi dan edukasi,” ungkap Pasi 21. “Hutan atau pohon ibarat bank yang menampung air setelah turun dari langit, apabila hutan dan pohon tidak ada, maka air akan langsung mengalir turun tanpa ada penyerapan,” lanjutnya.

Pasiminlog 21 berharap agar semua Kader yang telah ditunjukbisa bekerjasama dengan para dan subsektor 21 yang ada di wilayahnya masing-masing, “Bapak Ibu sekalian, Kami harapkan kerjasamanya dengan para dan subsektor 21, dan dalam situasi wabah covid 19 saat ini ini kami harapkan juga sosialisasikan mengenai protokol kesehatan diantaranya memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Awali dari lingkungan an-nur dan terapkan ke masyarakat lingkungan di mana Bapak dan Ibu tinggal,” pungkasnya. (Ros)

BACA JUGA  Anggota Subsektor 21-18 Senantiasa Himbau Warga Bantaran Cisangkuy Jaga Kebersihan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.