SEMARAK FESTIFAL BANG KUNCUNG KECAMATAN WARUNGPRING

PEMALANG – Festival Bang Kuncung dalam rangka hari jadi Pemalang yang ke-445 yang dilaksanakan di lapangan Cibuyur kecamatan warungpring berlangsung dengan kondusif. Warga sangat antusias dan berbondong-bondong untuk menonton festifal yang menampilkan pertunjukan seni dan budaya lokal khas pemalang tersebut.

Acara festifal ini dihadiri oleh Ir.H.Junaedi,SH.MM (Bupati Pemalang) yang diwakili oleh Ir.M.Arifin (Sekda Pemalang), Hj.Irna Setiawati Junaedi (Ketua TP PKK Pemalang), beserta Forkopinca Warungpring.

Selain Pertunjukan seni dan budaya kearifan lokal Pemalang, pengunjung juga dijajakan hasil alam serta makanan khas pemalang seperti Durian Warungpring, Nangka, Sambel Pete yang dicampur dengan nasi jagung yang lezat dan makanan khas pemalang lainnya.

Bacaan Lainnya

Bupati Pemalang, melalui Sekda Pemalang mengapresiasi dengan adannya festifal Bang Kuncung ini,karena di acara semacam inilah Masyarakat Pemalang khususnya kecamatan Warungpring menampilkan pertunjukan-pertunjukan yang kreatif dan bernilai budaya pemalang yang positif.

Dalam sambutannya, Bupati Pemalang melalui Sekda Pemalang menyampaikan bahwa kegiatan Terbang Kencer, Kuntulan dan Calung (Bang Kuncung) Tahun 2020 merupakan capaian yang baik bagi perkembangan budaya maupun pariwisata di Kabupaten Pemalang Khususnya di Kecamatan Warungpring, “Semoga kegiatan ini dapat terus terselenggara dengan sukses dan meriah di masa-masa yang akan datang,” ungkapnya.

Sugianto S.I.P selaku camat Warungpring, juga berharap dalam sambutannya agar potensi hasil alam kecamatan warungpring dan seni budaya bang kuncung bisa dikenal oleh masyarakat luas “Kami beserta Masyarakat Warungpring berharap, nanti apa yang menjadi potensi warungpring, nanti bisa menjadi viral dan buming sehingga menjadi khas di warungpring yang harapannya nanti, Warungpring bisa dikenal melalui potensi alamnya,” tandasnya.

BACA JUGA  WALI MURID KELUHKAN ADANYA DUGAAN PUNGUTAN UANG DI SMPN 2 TAMAN PEMALANG

Di sisi lain, Basuki selaku ketua panitia Bang Kuncung juga mengharapkan bahwa kegiatan festival Bang Kuncung dapat dilestarikan di kecamatan Warungpring karena ini marupakan suatu aset budaya lokal yang perlu dikembangkan dan dilestarikan. “Untuk daerah-daerah lain silahkan untuk mencari dan menggali budaya-budaya kearifan lokal yang bisa dipotensikan sehingga bisa dikembangkan bahkan akhirnya menjadi potensi wisata nantinya” tutupnya.(Can/Aw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.