Ridwan Kamil – “Harus ada Berita Setiap Minggu”

Pelaksanaan Rapat Koordinasi Laporan Progress Program Citarum Harum dipimpin Ridwan Kamil, Dansatgas Citarum Harum pada hari Jum’at (07/02/2020) di Sekretariat Satgas Citarum Jl Ir H Djuanda, Dago, Kota Bandung.

Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat sebagai Dansatgas Citarum mengatakan, “BPKP belum ada penetapan target capaian keberhasilan Dansektor secara berkala, itu mungkin ini versi BPKP ya. Jadi penetapan target nya itu apa nanti 2020 harus sudah lebih mantap ya. Berikutnya adalah aksi mingguan, ini penting. Pengecoran, apa, saya titip Pak Dedi, ke Pokja yang menangani komunikasi jadi harus ada berita Pak setiap minggu tentang kegiatan kita mau berita ngecor, mau berita Tanam Pohon, berita interaksi sosial, kegiatan mahasiswa apa kalau boleh tahu. Kerja humas atau Komunikasi itu koordinasi, kalau ada kendala koordinasi dengan humasnya Pemprov,” Ungkap RK mengawali paparannya.

RK mengungkapkan bahwa penting untuk meningkatkan frekuensi optimisme dari masyarakat. Kemudian RK meminta agar setiap laporan ini berbentuk video untuk nantinya dipaparkan kepada Presiden, “Nanti melihat lebih visual kira-kira begitu. Tolong disiapkan kemudian direaksikan 2020 tadi apa, siapa, bagaimana, berapa nya juga tolong ditulis sehingga kendala kendala utamanya kalau ada di anggaran bisa jadi perhatian dari pemerintah pusat juga,” pungkasnya.

Bacaan Lainnya

“Sudah waktunya nanti 2021 itu penataan wilayah akan dimaksimalkan. Hingga 2020 ini kalau bisa menjadi tahun perencanaan penataan, dari para Dansektor Saya minta berikan lokasi lokasi yang cocok untuk dijadikan pariwisata ya, nanti kita bahas rencananya seperti apa untuk di eksekusi di 2021. standar saya sih harapannya karena nanti kita serius ya seperti teras cikapundung bikin, Saya minta ada update progress progress tadi dari rencana aksi 2020 setiap bulan kita update ini sudah sampai mana, kendala apa, jadi mudah-mudahan perbulan ada upaya dari berbagai pihak termasuk saya untuk mengatasi jika di lapangan terjadi kendala,” harapnya.

BACA JUGA  Hadiri Perayaan Natal AMGPM Daerah Kairatu, Ini Pesan Akerina

Menanggapi pernyataan Dansatgas, Kolonel Inf Yusep Sudrajat sebagai Dansektor 21 mengungkapkan bahwa apa yang diharapkan oleh Dansatgas telah dilaksanakan oleh Sektor 21, salah satunya perihal berita mingguan, Sektor 21 selalu ada berita yang di update setiap harinya.

“Pemberitaan Pak, Bapak mengharapkan tiap minggu ada minimal 1 pemberitaan. Sektor 21 sampai hari ini masuk ke TV ditayangkan 200 kali, di media sosial 3776 kali, saya bisa sampai 10 berita setiap harinya masuk, di YouTube ada 171 kali. Itu baru sektor 21, itu dilaporkan setiap hari, tinggal Satgas itu mendata, karena itu yang kita kerjakan. Belum lagi Sektor sektor lain,” ungkap Yusep.

Dansektor 21 Kolonel Inf Yusep Sudrajat

Sementara, kendala pada saat ini menurut Dansektor 21 adalah perangkat LH yang sampai saat ini dinilai tidak ada kemajuan. Kurangnya Anggota PPLH. Khususnya di kawasan sektor 21, Petugas Pengambil Sampel Limbah yang ada di Jawa Barat hanya 4 Orang, itupun perempuan semua, sedangkan di Kabupaten Bandung hanya 2 Orang, Kota Cimahi dan Sumedang bahkan tidak ada samasekali. Sehingga pabrik-pabrik tiap bulan laporan ke LH mengambil sampel sendiri, hasilnya dilaporkan ke LH, itulah yang terjadi selama tahun 80an sampai sekarang, menurut Dansektor 21.

Terakhir, Dansektor 21 memberikan masukan kepada Dansatgas dalam menangani sampah plastik untuk menggalakkan Zero Waste mulai dari Sekolah-sekolah dengan membawa tumblr dan misting untuk bekal, sehingga dapat mengurangi penggunaan plastik saat jajan atau membeli makanan. “Contohnya di SDN Cipageran Mandiri 1 itu muridnya ada 1730 orang, yang biasanya tiap hari 12 tong sampah penuh, sekarang tinggal 2 saja Pak, Karena itu sudah berjalan,” tutup Kolonel Yusep. (Ros)

BACA JUGA  Subsektor 21-14 Laksanakan Patroli Pastikan Sungai Cimahi Utara Terbebas dari Limbah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.